Laporkan Penyalahgunaan

 

WELCOME TO IBUK OZ TALE

header Ibuk Oz Tale

Penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5

6 komentar
Konten [Tampil]

             Ada rasa haru, rasa syukur dan lega ketika Ibuk Oz menghadiri kegiatan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 Selasa, 31 Januari 2023 siang ini. Ibuk Oz terharu karena tidak menyangka bisa menyelesaikan Pendidikan dengan lancar. Ibuk Oz juga merasa sangat bersyukur karena sudah diberikan kesempatan yang sangat luar biasa bisa mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, program yang sangat Ibuk Oz idam-idamkan sejak tahun 2020. Ibuk Oz juga merasa lega selama Pendidikan mendapatkan dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperlajari selama ini.

Penutupan PGP Angkatan 5


            Nah, Kali ini Ibuk Oz akan berbagi bagaimana proses Penutupan Pendidikan Guru Penggerak siang tadi. Kegiatan terdiri dari 3 sesi, yaitu pembukaan, Inti dan Penutupan.

Kegiatan Pembukaan

Pembukaan Penutupan PGP A5


            15 menit sebelum kegiatan dimulai Ibuk Oz sudah bergegas pindah dari ruang Perpustakaan ke ruang Staff Administrasi karena rencananya Ibuk Oz akan mengikuti Zoom menggunakan wifi sekolah. Alhamdulillah pada saat Ibuk Oz join Zoom kuota peserta belum full, jika sempat terlambat saja Ibuk Oz tidak akan berkesempatan mengikuti Penutupan melalui Zoom melainkan melalui Youtube.

            Pada saat Ibuk Oz masuk dalam ruang virtual, kegiatan belum dimulai. Kegiatan masih diisi dengan pemutaran video testimoni kiriman Calon Guru Penggerak. Setelah 15 menit menunggu Direktur Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan maka kegiatan segera dipandu oleh MC dengan kegiatan pertama yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, MC memberikan sambutan dan kata penghormatan kepada hadirin tamu undangan yang terdiri dari Balai Guru Penggerak yang ada di seluruh Indonesia. Selanjutnya Penyampaian laporan terkait Program Pendidikan Guru Penggerak yang akan disampaikan oleh Bapak Dr. Kasiman Koordinator Pokja Pendidikan Guru Penggerak dan Penutupan secara resmi Pendidikan Guru Penggerak Oleh Profesor Doktor Ibu Nunuk Suryani, M.Pd.


Kegiatan Inti



            Kegiatan Inti dimulai dengan Laporan Program Guru Penggerak dari Pak Kasiman, Berikut isi laporan dari beliau;

            Dalam laporannya Bapak Kasiman menyampaikan bahwa;

  1. Kebijakan Merdeka Belajar episode ke-5 yaitu Pendidikan Guru Penggerak merupakan program kepemimpinan kependidikan bagi guru menjadi pemimpin pembelajaran.
  2. Keluaran dari Program Guru Penggerak ini adalah menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan. 
  3. Guru penggerak berpartisipasi aktif dalam menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru baik disekolah maupun diwilayahnya.
  4. Guru menjadi coach dan mentor bagi guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah menjadi pendorong kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 
  5. Guru menjadi pendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah masing-masing.

            Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-5 yang mulai berjalan dari tanggal 18 Mei 2022 dan selesai pendidikan pada tanggal 23 Desember 2022. Tujuan pendidikan guru penggerak adalah membekali kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas baik di dalam maupun diluar sekolah yang berpotensi menjadi pemimpin yang dapat mewujudkan rasa nyaman, bahagia peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah masing-masing.

            Rasa nyaman dan bahagia peserta didik ditunjukkan melalui sikap dan emosi positif pada satuan pendidikan bersikap positif terhadap proses akademik, merasa senang mengikuti kegiatan pada satuan pendidikan, terbebas dari rasa perasaan cemas, terbebas dari keluhan kondisi fisik satuan  pendidikan dan tidak memiliki masalah sosial di satuan pendidikannya.

            Pelaksanaan  Pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 dibuka di hari Rabu 18 Mei 2022, selama 6 bulan peserta sudah menyelesaikan 3 paket modul yang terdiri dari 10 modul. Paket modul yang pertama Paradigma dan Visi Pendidikan Guru penggerak, kemudian paket yang kedua Praktek Pembelajaran yang Berpihak Pada Peserta Didik, Paket yang ketiga Pemimpin Pembelajaran Dalam Pengembangan Sekolah.

            10 modul yang telah dipelajari oleh Calon Guru penggerak Angkatan 5 yaitu yang pertama Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Kihadjar Dewantara, yang kedua Nilai-nila dan Peran Guru Penggerak, yang ketiga Visi Guru Penggerak, yang keempat Budaya Positif, yang kelima Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Peserta Didik, yang keenam Pembelajaran Sosial dan Emosional yang ketujuh Coaching dan Supervisi Akademik yang kedelapan Pengembangan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin, yang kesembilan Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya dan yang kesepuluh adalah Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Peserta Didik.

            Peserta juga telah mendapatkan pendampingan dari Pengajar Praktik dan telah melaksanakan Lokakarya bersama rekan guru lainnya untuk menguatkan proses implementasi merdeka belajar dan internalisasi sebagai guru penggerak. Pada akhir pendidikan guru penggerak telah berbagi praktik baik melalui Lokakarya Panen Hasil Belajar, pada Lokakarya itu dapat saling berbagi dan mendalami apa yang sudah dijalankan oleh sekolah masing-masing. Peserta Pendidikan guru penggerak telah merumuskan tindak lanjut setelah peserta selesai mengikuti pendidikan dan telah ditetapkan koordinator pada masing-masing Kabupaten/Kota hal ini untuk membangun jaringan alumni PGP dan sebagai media komunikasi dan berbagi praktik baik antara guru penggerak di Kabupaten/Kota dan antar provinsi.

            Pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 ini diselenggarakan 6 bulan, dalam kenyataannya berjalan 8 bulan karena berdampak adanya peralihan penyelenggaraan Pendidikan Guru Penggerak dari 7 Satker P4TK kepada BGP/BBGP yang baru disetiap provinsi yang terbagi dalam 33 Satuan Kerja. Adanya jeda 2 bulan yang telah dapat digunakan untuk belajar mandiri dan fokus pada tugas-tugas di sekolahnya.

            Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 penyelenggaraannya masuk ke desain yang 6 bulan atau setara dengan 310 JP melalui moda Daring, Lokakarya, Pendampingan dan melakukan aksi nyata. Karya praktik baik PGP telah banyak dan tersebar di media sosial, kemudian juga di platform Merdeka Belajar yang dapat diakses oleh teman-teman guru yang lain untuk berbagi.

            Progress Calon Guru Penggerak sampai akhir Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5, peserta yang telah ditetapkan lulus seleksi untuk mengikuti pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 berjumlah 8. 105. Sebanyak 8.064 peserta telah melakukan mendaftar ulang, atau melakukan registrasi untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. 

            Pada Pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 ada 3 moda yaitu Pendidikan Guru Penggerak Reguler, Pendidikan Guru Penggerak Daerah Khusus, kemudian Pendidikan Guru Penggerak Rekognisi. Berdasarkan rapat pleno kelulusan pendidikan guru penggerak angkatan 5 pada tanggal 16-19 Januari tahun 2023 ditetapkan peserta yang dinyatakan lulus sebagai guru penggerak berjumlah 7.931 peserta. Untuk Pendidikan guru penggerak reguler 7.690 peserta atau tingkat kelulusan pendidikan guru penggerak reguler sebanyak 98%, Guru penggerak daerah khusus yang lulus sejumlah 143 peserta atau tingkat kelulusan peserta pendidikan guru penggerak daera khusus adalah 95%, kemudian yang terakhir pendidikan guru penggerak rekognisi lulus sebanyak 98 peserta atau tingkat kelulusan sebanyak 100%.

            Selama pendidikan ada sebanyak 133 peserta mengundurkan diri dan tidak lulus Pendidikan Guru Penggerak. peserta yang mengundurkan diri dengan alasan mengikuti kegiatan yang bersamaan seperti latihan dasat PNS, mengikuti PPG, ada yang sakit, mutasi ke jabatan lain atau karena kegiatan yang berjalan bersamaan dengan kegiatan Guru Penggerak dan tidak dapat ditinggalkan. Peserta yang dinyatakan tidak lulus dikarenakan tidak terpenuhi tugas-tugas yang diberikan dan kehadirannya jumlahnya kurang dari batas minimal yang ditetapkan.

            Bapak Kasiman juga mengucapkan selamat kepada peserta pendidikan guru penggerak yang dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan Sertifikat Guru Penggerak. Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 26 tahun 2022: Sertifikat Guru Penggerak dapat digunakan untuk pemenuhan salah satu persyaratan Kepala Sekolah, Pengawas sekolah atau penugasan lain di bidang pendidikan tentu saja bagi yang telah memenuhi persyaratan. Pak Kasiman juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pejabat daerah baik Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah mendorong para guru untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.

            Setelah Laporan dari Pak Kasiman MC memutar video kisah inspirasi dari SMAN Manokwari. Selanjutnya Kata sambutan dan Motivasi sekaligus menutup secara resmi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 dari Direktur Jendral Guru dan Tenaga kependidikan Kemendikbudristek Ibu Profesor Doktor Nunuk Suryani, M.Pd.

            Dalam sambutannya Ibu Nunuk menyampaikan bahwa beliau merasa sangat gembira, bersyukur dan senang karena dapat bersilaturahmi dengan calon Guru Penggerak, beliau juga mengungkapkan rasa bangga yang sedalam-dalamnya kepada Bapak/Ibu Guru Penggerak karena dari 189 Kabupaten/Kota di 33 Provinsi di Indonesia, partisipasi Guru di Angkatan 5 adalah sebuah awal yang baik, bahwa semakin banyak pihak yang bertekad kuat untuk memajukan pendidikan Indonesia.

            Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 untuk pertama kalinya terdiri dari Pendidikan Guru Penggerak Reguler, Daerah Khusus dan Rekognisi. Beliau mngucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua Guru Penggerak, Pengajar Praktik, Instruktur,  Fasilitator dan Penyelenggara Kegiatan BGP/BBGP dan semua pihak yang telah menyukeskan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5, Beliau juga menyadari bahwa proses yang telah dijalani penuh dengan perjuangan berat. Beliau yakin bahwa proses yang panjang, yang dilalui dengan segala macam suka duka, memunculkan kekuatan baru dari dalam diri untuk berkontribusi bagi Pendidikan anak-anak Indonesia. Beliau juga menyebutkan dengan bekal kepemimpinan yang diperoleh dapat menggerakkan ekosistem pendidikan, baik di dalam sekolah juga di wilayah Kabupaten/Kota.

            Ibu Nunuk juga berpesan bahwa kita harus selalu berpihak kepada murid, kita tingkatkan semangat belajar dan berbagi, kuatkan budaya refleksi dan kolaborasi serta terus bergerak demi mewujudkan profil pelajar pancasila. Ibu Nunuk menutup secara resmi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 tahun 2023, beliau juga menegaskan bahwa meskipun Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 sudah ditutup tapi ini adalah langkah awal bersama untuk mulai melakukan praktik-praktik baik sebagai mana yang telah didapatkan dalam Pendidikan Guru Penggerak selama ini.


Kegiatan Penutup



            Kegiatan penutup diakhiri dengan testimoni pilihan Guru Penggerak, kemudian MC mempersilahkan tamu undangan untuk keluar dari ruang virtual namun kami masih diminta untuk tetap stay di dalam ruang virtual untuk info lebih lanjut mengenai sertifikat. MC menyampaikan informasi mengenai sertifikat, yaitu untuk mengikuti panduan untuk mengunduh sertifikat Guru Penggerak dengan mengunduhnya di SIMPKB masing-masing sesaat setelah berakhirnya tayangan dalam ruang virtual. Setelah memberikan informasi tersebut MC undur diri dan lantunan lagu yang berjudul Tanah Airku. Setelah lagu selesai Zoom pun selesai.


            Nah, itulah rangkaian kegiatan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5, Selasa 31 Januari 2023. Setelah kegiatan virtual selesai Ibuk Oz langsung mengunjungi Laman SIMPKB dan membuka menu Guru Penggerak, dan benar saja pada Beranda tertera tulisan :

Selamat Anda Lulus Pendidikan Guru Penggerak

Selamat! Anda lulus Pendidikan Guru penggerak Angkatan V , sebagai bentuk apresiasi dari Kemdikbudristek, Anda berhak mendapatkan sertifikat yang dapat diunduh pada tombol yang telah disediakan.


            Ibuk Oz langsung mengunduh sertifikat tersebut dan mencetaknya, Ibuk Oz langsung menunjukkan sertifikat tersebut kepada Ibu Kepala Sekolah yang langsung diberi ucapan selamat dari beliau. Sekali lagi, rasa haru menyelimuti hati Ibuk Oz. Semoga sertifikat ini semakin memotivasi Ibuk Oz untuk terus tergerak memberikan pembelajaran yang berpihak pada murid, bergerak untuk berbagi praktik bagi kepada siapa saja dan bersama-sama dengan pendidik lain menggerakkan Pendidikan yang ada di Kabupaten Bungo menjadi lebih baik lagi. Aminnn .....

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

6 komentar

  1. Bagus sekali Pak. Salam kenal dari Banyumas Jawa Tengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak, Salam kenal juga dari Kabupaten Bungo Jambi 🙏🏻

      Hapus
  2. Nice n inspiring writing, congrats Mrs. Oz in graduating the 5th PGP....excellent!

    BalasHapus
  3. Congrats Maam Oz,
    Proud of your achievement on PGP. I believe you are capable to change the colour of learning atmosphere in your school to be the enjoyful one.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you so much maam .... Aminnnn ya robbal alaminnn.... it's all because of you maam.... my inspiration...

      Hapus

Posting Komentar